Senin, 03 Desember 2012

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA



MANAJEMEN
SUMBER DAYA MANUSIA

Menurut buku “Pengantar Bisnis“ yang dikarang oleh Irma Nilasari & Sri Wiludjeng.

Pengertian sumber daya manusia
Manusia merupakan salah satu sumber daya dalam yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Sumber daya manusia mempunyai kedudukan yang sangat vital dan dinamis dalam perusahaan. Sumber daya manusia merupakan asset penting dan berperan faktor penggerak utama dalam pelaksanaan seluruh aktivitas perusahaan. Sumber daya manusia dalam suatu perusahaan adalah sekumpulan orang–orang yang bekerja pada perusahaan dan masing–masing mereka mempunyai karta, cita dan rasa yang berbeda–beda. Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang sangat sulit ditangani karena memiliki sifat dan kemampuan yang spesifik. Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian manajemen sumber daya manusia :
  1. Manajemen personalia merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari aktivitas pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusia dalam rangka memenuhi tujuan individu, organisasi dan masyarakat. (Flippo; 1988)  
  2.  Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu atau pegawai. (Mangkunegara; 2001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar